Tembakau Kaponan



Lebih dikenal dengan nama Mbako Kaponan, tembakau ini sebenarnya adalah tembakau jenis sompo rejeb yang sudah turun temurun di tanam oleh warga desa Kaponan, salah satu desa di Kabupaten Ponorogo. Temabakau ini paling cocok untuk tingwe, terlalu tinggi kualitasnya jika dibuat rokok pabrikan seperti layaknya tembakau pir atau jenis virginia.

Tembakau kaponan atau mbako kaponan ini pada awalnya hanya terkenal di wilayah terdekat saja, seperti di Pasar Wage Jetis. kemudian peminatnya bertambah mencapai sekabupaten Ponorogo menyukai dan mengakui keunggulan dan kualitas Mbako Kaponan.

Sampai-sampai PT.Sampoerna.Tbk Surabaya menawari para petani setempat untuk bekerja sama, namun di tolak mentah-mentah. Dengan demikian Mbako Kaponan berarti sudah terkenal dikalangan nasional.

Bahkan beberapa TKI asal kaponan yang bekerja di luar negri ketika pulang pun tidak lupa menyempatkan membawa Mbako Kaponan untuk bekal perjalanan ketika kembali merantau. tercatat ada beberapa yang TKI di Malaysia, Jerman, Amerika, Taiwan dan negara-negara lain. Beberapa pecinta rokok luar negri yang mencicipi Mbako Kaponan yang dibawa TKI pun mengakui kualitas Tembakau Kaponan, Secara tidak langsung Mbako Kaponan Sudah di export keluar negri, artinya sudah Go Internasional, Terkenal di seluruh dunia.

Komentar

  1. klo liat paparannya berarti bisa dipasarkan bukan hanya di Kaponan saja, perlu pembinaan petani dan dikoordinir sehingga bisa ekspor, lebih bisa meningkatkan pendapatan masyarakat setempat khususnya, promosi juga bisa digalakkan sehingga bisa dikenal dimana-mana, sudah pernah ekspor?kemana berapa?pangsa pasar di daerah mana saja?

    BalasHapus
  2. mbako iki rasane mirip rokok opo mas? samsu,jarum opo liyane?? minat aku.

    BalasHapus

Posting Komentar