Merawat Tanaman Tembakau



Setelah tembakau sudah mulai tumbuh maka kerudung dari daun jati sudah bisa dilepas, bersihkan rumput yang ada di sekitar pohon minimal 2 minggu sekali hingga usia tembakau cukup dewasa. Lakukan penyemprotan seperlunya untuk memberantas hama dan jamur.

Jika tembakau sudah berumur 1,5 bulan gemburkan tanah disekitar tembakau atau istilahnya adalah pendangiran, fungsinya adalah untuk menggemburkan tanah agar tembakau cepat tumbuh dan untuk membunuh rumput serta gulma yang lain.

Setelah usia tembakau mencapai 2,5 bulan potong pucuk tanaman agar daun tidak berlambah lagi kurang lebih sisakan daun antara 12-14 daun per pohon atau ketika bunga akan tumbuh. Pangkas tunas ketiak daun dan bunga setiap 3 hari sekali.

Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi, dapat digunakan pestisida kimia sesuai anjuran. Agar penyemprotan pestisida kimia lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan Perekat Perata AERO 810, dosis + 5 ml ( ½ tutup) pertangki

Komentar

Posting Komentar