Posyandu Lansia Membina Keluarga Sehat Diusia Lanjut


KAPONAN - Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di Desa Kaponan, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Desa Kaponan, H. Marwandi, mengatakan pembentukan Posyandu Lansia ini untuk memberdayakan lansia agar mandiri dalam meningkatkan kualitas hidup mereka. “Lansia memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda, mereka perlu dibina, agar dimasa tua kesehatan menjadi prioritas dalam hidup dan berkeluarga,” kata H. Marwandi, Selasa (16/10/2018).


Reni Suciati, Bidan Desa Kaponan menghimbau, bukan hanya Perangkat Desa dan Tokoh masyarakat saja yang berperan aktif, akan tetapi seluruh lapisan masyarakan terutama kader akan menentukan bagaimana memajukan masyarakat dalam bidang kesehatan dan peran serta keluarga khusus lansia.

“Di Desa Kaponan Penyelenggaraan Posyandu Lansia setiap satu bulan sekali dibagi dalam 3 kelompok di setiap Dukuhnya.” Tutur Bidan Reni, panggilan akrabnya, saat membina Posyandu lansia yang bertempat di Balai Desa Kaponan.


Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya. Yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia & berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. (PM)
Share on Google Plus

About Paris Mubaqi

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar